Berapa Lama Kucing Hamil? Amati Pedoman dan Cara Menyikapinya Berikut Ini

Berapa Lama Kucing Hamil

Sebagai pemilik anabul secara khusus pemula, pasti bingung saat menghadapi kucing saat hamil. Lalu sebetulnya berapa lama kucing hamil? Lalu bagaimana petunjuk-tandanya? Dilansir dari web Petfinder, Selasa (28/12/2021), penelitian memperkirakan bahwa 63 hingga 67 hari, atau sembilan pekan, yakni jangka waktu berapa lama kucing hamil. Sebagai orang tua asuh kucing, kucing dalam perawatan Anda mungkin kerap kali memiliki jangka waktu kehamilan kucing yang lebih pendek karena tanggal pembuahan yang tidak dikenal. Selain mengetahui rentang berapa lama kucing hamil, Anda juga bisa mengenali petunjuk-petunjuk kucing hamil berikut ini.

Pedoman-petunjuk Kucing Hamil

Merawat kucing hamil memutuskan ia diberi lingkungan yang aman, bebas stres, dan hening yang bisa menyelamatkan hidupnya dan progres tumbuh kembang menjadi anak kucing yang sehat dan bisa diadopsi.

Pedoman-petunjuk awam kucing hamil seperti pertambahan berat badan, puting yang lebih gelap, mual di pagi hari, nafsu makan meningkat, kerap kali mendengkur, dan lainnya. Berikut yakni petunjuk-petunjuk kucing hamil menurut jangka waktu tiap minggunya:

Permulaan kehamilan kucing. Tiga pekan kehamilan mungkin yakni pertama kalinya gejala kehamilan kucing jasmaniah nampak. Perubahan perilaku diawali semenjak usaia dua pekan kehamilan.

Sebagai orang tua asuh kucing, bersiap untuk menunjangnya selama masa kehamilan kucing dan membantu mempertahankan situasi tubuh, berat badan, dan tingkat tenaganya. Segala hal ini yakni prioritas dan memerlukan pemantauan yang akurat saat kehamilannya matang dari pekan ke pekan.

Pekan 2: Estrus berakhir

Pedoman perilaku pertama kehamilan untuk kucing yakni estrus, atau siklus panas, berakhir. Kucing daya seksualitas hingga dua pekan selama musim kawin. Tanpa estrus, betina berhenti menarik jantan melalui panggilan kucing yang panjang dan berlarut-larut di malam hari.

Pekan 2: Ultrasonografi/rontgen

Dokter hewan bisa dengan aman melakukan USG atau x-ray pada kucing Anda untuk memeriksa perkembangan anak kucing.

Pekan 3: Puting berwarna gelap

Tiga pekan sesudah masa kehamilan kucing, kucing menampakkan gejala kehamilan pertama yang disebut pinking up. Pada saat ini puting kucing menjadi merah muda gelap, kadang kala merah, dan lebih nampak dibandingi warna perutnya yang pucat.

Pekan 4: Morning sickness

Sebagian kucing mengalami situasi mual di pagi hari yang mirip dengan versi manusia pada pekan keempat kehamilan. Mual dan muntah bisa memicu penolakan makanan selama waktu kucing hamil. Morning sickness terjadi kapan saja sepanjang hari dan tidak terbatas pada pagi hari.

Bila Anda melihat frekuensi muntah yang betul-betul tinggi, hubungi dokter hewan untuk memeriksakan kucing, dan ikuti rekomendasinya.

Pekan 4: Perut bengkak

Perut kucing yang bengkak menjadi lebih nampak saat kehamilan mulai matang. Karena bisa memberi pengaruh pertumbuhan anak kucing, sebaiknya jangan meraba atau mensupport komponen perut. Bila Anda mengira pembengkakan perut bukan karena kucing hamil, hubungi dokter hewan untuk memeriksakannya.

Pekan 4: Berat badan bertambah

Nafsu makan kucing hamil meningkat seiring dengan perkembangan kehamilannya. Senantiasa pastikan kucing memiliki air segar yang tersedia, dan letakkan mangkok makan dan minumnya di tanah untuk akses yang lebih gampang karena melompat mungkin susah baginya dan bisa melukai anak kucing.

Pekan 5: Ultrasonografi/rontgen

Dokter hewan bisa memutuskan berapa banyak anak kucing yang dikandung dengan melakukan USG / x-ray aman di hari 40, atau pekan 5.

Pekan 6: Penuh kasih sayang, kerap kali mendengkur

Kucing dikenal lebih penyayang. Dikala sedang hamil, pada pekan-pekan terakhir kucing akan lebih kerap kali mendengkur.

Tingkat antisipasi perlindungan diri pada kucing hamil juga meingkat, mereka bisa juga menjadi tidak toleran kepada hewan peliharaan lain di rumah hingga bersikap agresif.

Pekan 7: Rehat

Dikala kehamilan kucing mendekati persalinan, ia menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur dan rehat. Nafsu makan akan meningkat lagi selama waktu ini. Makanan terbaik untuk kucing hamil yakni yang mengandung volume tinggi kalori. Senantiasa konsultasikan dengan dokter hewan sebelum merubah pola makan kucing yang awam.

Pekan 8: Tempat bersalin

Dua pekan sebelum kucing melahirkan anak kucing, ia akan mulai bersarang. Seekor kucing mulai mencari tempat yang hening, hangat, dan aman untuk bersalin dan melahirkan. Untuk meminimalkan pilihan bersarangnya, tutup pintu kamar, lemari, dan lemari. Tinggalkan kotak kardus besar yang sudah dibersihkan yang dilapisi dengan koran lembut, handuk kertas, atau selimut yang bisa dicuci di tempat yang nyaman, bebas angin, bebas hewan peliharaan, dan minim cahaya di rumah.

Pekan 9: Si Kucing

Seekor kucing hamil bisa menolak makanan saat ia menjelang tahap akhir kehamilan di pekan kesembilan. Si kucing biasanya lahir antara 63 dan 67 hari, atau sembilan hingga sembilan separuh pekan. Dikala melahirkan, kucing bisa melakukan persalinan tanpa seharusnya dibantu oleh manusia. Jangan membantu selain dalam situasi darurat. Senantiasa berkonsultasi dengan dokter hewan seputar apa yang diharapkan, langkah-langkah yang seharusnya diambil dalam situasi darurat, dan siapa yang seharusnya dihubungi sekiranya bantuan diperlukan.

Demikian ulasan yang menjawab pertanyaan berapa lama kucing hamil serta petunjuk-petunjuk kucing hamil dari pekan ke pekan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak